» » » » » Menapaki Museum Taman Prasasti.

Menapaki Museum Taman Prasasti.

Penulis By on Rabu, 13 Juni 2018 | No comments





Museum Taman Prasasti merupakan museum terbuka yang menampilkan karya seni dari masa lampau tentang kehebatan para pemahat, kaligrafer, dan sastrawan. Museum cagar budaya peninggalan masa kolonial Belanda yang berada di Jakarta Pusat.Museum yang memiliki koleksi prasasti nisa kuno serta miniatur makam, dan koleksi kereta jenazah antik.



Cerita terbentuknya wilayah pemakaman ini bermula dari dibukanya lahan pemakaman di luar kota Batavia pada tahun 1975. Tujuan pembukaan lahan baru ini ialah untuk memindahkan makam-makan dari dua gereja besar (Niew Holland Kerk & Gereja Portugis*sion*)
Tanah yang digunakan sebagai pemakaman tersebut merupakan sumbangan dari salah satu anak Gubernur Jenderal Hindia Belanda, Jeremias van Riemsdijk. Van Riemsdijk sendiri dimakamkan di Belanda, tapi terdapat batu nisannya di Museum Taman Prasasti.





Selanjutnya ketika areal pemakaman sudah penuh, mulailah dibuat penataan. Sebagian makam dipindahkan oleh keluarganya masing-masing. Prasasti kubur yang masih bagus ditata ulang dan dibuatkan zonasi. Akhirnya pada tahun 1977 taman dibuka untuk umum dan kini statusnya benda cagar budaya yang dilindungi oleh undang-undang.

Kini Museum Taman Prasasti, sering dikunjungi oleh wisatawan untuk mempelajari cagar budaya tersebut, lain hal dengan keunikan pahatan seni yang menarik wisatawan berfoto-foto dengan patung di museum ini.

Alamat : Jalan Tanah Abang No. 1, Jakarta Pusat.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya